Mata kuliah ini membahas tentang gamabaran bagaimana transaksi keuangan perusahan (dagang dan jasa) diperoses dalam sistem akuntansi yang diperlukan stakeholder untuk mengambil keputusan. Mengindentifikasikan, mencatat transaksi dan kontrol terhadap kas dan persediaan.

Mata Kuliah ini memberikan gambaran bagaimana proses pembuatan laporan keuangan atau siklus akuntansi dalam satu periode akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang. Proses diawali dengan pemahaman tentang jenis dan sifat badan usaha, jenis transaksi, persamaan dasar akuntansi, saldo normal suatu akun dan melakukan pencatatan terhadap transaksi tersebut dalam bentuk jurnal. Berdasarkan pencatatan tersebut kemudian dibuatkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar yang berlaku umum.

Mahasiswa mampu dan dapat menjelaskan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa dan perusahaan dagang, di mulai dengan pemahaman trasaksi keuangan, persamaan dasar akuntansi sampai dengan membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Untuk perusahaan dagang mahasiswa mampu memproses transaksi akuntansi perusahaan dagang sampai dengan laporan keuangan dalam system perpetual dan periodic.