Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Urgensi Pendidikan Agama Islam, Konsep Manusia dalam Al-Qur’an, Konsep Ibadah dalam Islam, Ma’rifatullah, Iman, Al-Islam, Al Ihsan dalam perkara ibadah dan muamalah, Rasulullah, Al-Qur’an, Hadist , Akhlak, Ilmu dan teknologi, Sejarah Islam dan Ukhuwah Islamiyah secara mendalam sesuai syariat dalam ajaran Islam.

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang thoharah, sholat, puasa, zakat, haji dan umroh, pengurusan jenazah, baca dan tulis Al-Qur’an, dakwah dan seni dalam Islam serta kegiatan keagamaan sesuai jurusannya. 


Mata kuliah ini diorientasikan kepada kajian agama Islam tematis mengenai pengetahuan yang berkenaan dengan agama Islam. Secara spesifik cakupan kajian ini meliputi Urgensi Ilmu Agama, Manusia, Ibadah, Allah, Iman, Al Islam, Al Ihsan dan Hari Kiamat, Rasulullah, Al-Qur’an, Hadist , Akhlak, Ilmu dan Terapan, Sejarah Islam dan Ukhuwah Islamiyah Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami materi/substansi yang dikaji.